Thursday, August 6, 2009

KoЯn ’n Genrenya

Kalau bicara genre atw aliran musik mungkin kita sering selisih paham ma temen2 kita, tapi sebenarnya itu manuasiawi2 aja, soalnya si pemilik band sendiri mungkin juga ga secara tegas ndeklarasi apa aliran musik mereka, dan corak pada komposisi musiknya pun cenderung berbeda, yang akhirnya fans atw publik yang mencap band itu alirannya apa… tapi cap dari publik ini juga belum tentu di iyakan oleh band itu sendiri.. Korn (KoRn or KoЯn) aja, Jonathan Davis pernah menyampaikan:
“We've spawned a lot of clones, but let me explain... Well, I hate the nu-metal term. We have always just been a band that rocks. We didn't like when people called us a metal band, we are just Korn. People just use these terms when they cannot describe something, but nu-metal... when so many bands started making music that sounded like us, that is when nu-metal was born. We don't have anything to do with it for real, I feel. I wouldn't wanna call Red Hot Chili Peppers a funk band, and we are not metal or nu-metal, we are Korn. Nu-metal is just a term that doesn't mean anything.” wikipedia.org

Meskipun Korn sendiri menyangkal kalau genre mereka nu-metal namun publik telah memberikan penilaian, Korn adalah pelopor nu-metal, bagaimana dengan anda terserah anda menilainya, tetapi saya tetap setuju dengan Davis bahwa Korn adalah Korn dan saya lebih suka menyebut mereka band rock sebagaimana Davis menyebut bandnya, meskipun memang Korn-lah ispirator band2 nu-metal berikutnya seperti Lim bizkit, POD, Saint Loco (mau ga kalau hip metal disebut nu-metal)..


Korn adalah band dari Bakersfields, California, US. Band ini awalnya adalah L.A.P.D, band yang pada waktu itu vokalisnya bermasalah dengan narkoba yang kemudian personil lainya memutuskan untuk ganti vokalis dari Richard Morrill menjadi Jonathan Davis, yang kemudian memunculkan nama band baru yaitu Korn.

Band ini digawangi oleh Jonatan Davis (vocal), James ‘Munky’Shaffer (guitar), Reginald ‘Fieldy’ Arvizu (bass) Brian ‘Head’ Welch (gitar 1993-2005) dan David Silveria (drum 1993-2006). Sebenarnya Korn ingin bahwa dua personil mereka Head dan David yang keluar 2005 dan 2006 tidak akan pernah diganti, dengan setiap performennya dengan additional player, namun belakangan Korn mengumumkan bawa Ray Luzier adalah sebagai drummer tetap mereka.

wikipedia file


Album mereka antara lain:
 Korn,1994 lagu hit: Blind
 Life is Peachy, 1996 lagu hit: No Place to Hide, A.D.I.D.A.S
 Follow the Leader, 1998 lagu hit: Got the Life, Freak on A Leas
 Isuues, 1999 lagu hit: Falling Away from Me
 Untouchable, 2002 lagu hit, Allone I Break
 Take a Look in the Mirror, 2003 lagu hit; Another Brick on the Wall
 See You on the Other Side, 2005 lagu hit: Twisted Transistor
 Untitled album, 2007 lagu hit: Evolution, Hold On

Dan Korn adalah inspirator dari ratusan band yang bergenre modern rock atau nu-metal, disinilah KoЯn pantas disebut Maestro di genrenya..
Keep’n Rocking

No comments:

Post a Comment