Wednesday, April 8, 2009

Rocker dari masa ke masa

Siapa yang ga suka musik rock.. udah barang tentu semua suka…Inul ma Dewi persik pun suka musik rock.. buat yang ngaku penggemar rock wajib tau perkembangan musik rock dari masa ke masa..berikut sekelumit sejarah tokoh rock (**itung-itung buat dasar kita kalau kita ngritik rocker2 bajakan jaman sekarang**) artikel ini gw kumpulin atas bantuan Om Google and pak boss Wikipedia..
All images from : wikipedia free ensiklopedia

Awal musik rock
Pendapat mengatakan musik rock itu diturunkan dari R&B, wah2..bagaimana apakah informasi ini benar, saya ga berani mengatakan, beberapa sumber menjual informasi ini dengan harga yang sangat mahal..(**kalau boleh ngritik musik R& B itu sepertinya musik modern, tetapi tidak juga, musik dangdut lebih modern**).
Seseorang yang harus kita sebut di era awal rock adalah….Chuck berry.. Chuck berry adalah gitaris yang sangat berpengaruh di era 50-an..



Dengan beberapa tehnik yang sangat luar biasa di masanya petikan kebawah 8 to the bar, palm mute, double stop( dua dawai dipetik bersamaan), duckwalk, semuanya milik master yang satu ini. Siapapun yang pake tehnik itu pasti harus mengakui bahwa Chuk berry yang punya ide, atau kita Tanya om Eet Syahrani yang pernah pake duckwalk pasti dia inspire-nya dari Cuck berry.

Kalau Elvis presley gimana.. Kalau kita suka changcuters wajib tau soal Elvis presley (**terutama kalau kita lihat gaya potong rambutnya Tria**)skip


Eranya klasik rock
Era 60-an itu muncul band-band yang biasa disebut band rock klasik, mereka antara lain The Who, Pink Floyd, ..
Di tengah bermunculannya band klasik rock muncul seorang yang fenomenal di era ini dialah Jimi Hendrix., kita ga pernah bayangkan apa yang akan kita lakukan dengan gitar kita saat kita berada di tahun 60-an, tapi tidak begitu dengan Jimi Hendrix, James Marshal Hendrix yang lahir 27 November 1942 yang pada tahun 1966 bikin group Jimi Hendrix Experience ini, benar-benar melakukan terobosan permainan gitar yang sangat luar biasa, dia pemain blues sejati,, hamer-on, tehnik feedback,bending whammy bar, semuanya dengan gila2an… Coba puter Voodoo child atau Star Spangled Banner, pada 18 September 1970 dia meninggal karena dengan muntahannya sendiri tercekik..


Era Rock Punya Keturunan
Rock n Roll, Heavy metal atau Punk.. Kenyataannya adalah Heavy metal itu muncul di era 70-an, metal man..(**mungkin kalau sekarang ada rocker yang pake dandanan mistis, kalung tengkorak, itu ngikutin kakeknya pada waktu masih muda dulu**) kalau ada yang bicara soal era 70-an sebut Queen, Van Halen, Deep Purple,Kiss, Slade, dan puluhan lainnya, yang pasti juga Led Zeppelin, lagu di era ini hampir semua menjadi everlasting, siapa yang ga kenal Stairway to Heaven,Love of my live, Soldier of fortune,dan puluhan lainnya yang semuanya ga akan pernah basi.
Kalau soal anak keturunan rock terserah kita mau menilai band A, band B, atau band C alirannya apa. Yang pasti di era ini tokoh yang boleh kita pajang posternya ampe sekarang adalah Jimmy page, Brian May,Edward (Eddie) Van Halen tapi jangan sampe temen kita tau kalau kita punya poster-poster itu, nanti dikirain kita jago main gitar..

Eranya para maestro gitar beraksi
Sebelum meneruskan baca sebaiknya ambil gitar kalian dan bergegas ke depan kaca, coba gaya terbaik saat beraksi memainkan gitar.. Bagaimana,..
Bermain solo gitar menjadi tren di tahun 1980-an gak tau kenapa, tapi yang pasti bukan karena biar honornya lebih banyak kan, tapi toh pada awalnya para solois rata2 juga ngegroup dan band2 group juga banyak, kalau group warisan era sebelumnya atau muncul pertangahan 80-an, kalau gitaris yang ngetop ada Yngwie Malmsteen, Steve Vai, Paul Gilbert, Venie Moore, Joe Satriani,.sekedar info Joe Satriani adalah pengajar Steve Vai dan Kirk Hammett, coba search streamingnya..
Di era 80-an ini permainan band group semua terfokus pada gitar, seberapa jago gitaris berunjuk gigi menjadikan seberapa kuat band itu akan eksis, Guns n Roses sama Slasnya, Metalica sama Dave Mustaine n kemudian diganti Kirk Hammett, Mr Big ama Paul Gilbertnya, n segambreng band lain yang bikin kita2 kangen ma lagunya. Dan mereka ini kemudian tetap eksis hingga periode 1990-an.


Akhir 80-an menjadi titik balik dunia permainan gitar, karena setelah dengan explorasi gila-gilaan permainan gitar seperti multi taping,harmonic,natural,pinched,tremolo,pada era 90-an para pemain gitar kehabisan ide, dan yang menjadi tenar adalah pemain gitar yang biasa-biasa aja. (**mungkin kalau kita ada di era awal 90-an kita akan jadi bintang.**)


1990-an saat gw kelas 4 SD
Band yang dibikin di era sebelumnya sangat berbahagia di sini GnR, Metalica, Megadeth, lagu-lagunya Fire house juga menjadi favorit dan yang pasti everlasting. Cucu-cucu rock yang bermunculan mulai dapet tempat, Grunge-nya Nirvana,Britpop-nya Oasis, Kurt Cobain dan Noel Gallagher bukanlah maestro gitar sebaimana Steve Vai, Joe Satriani atau lainnya, tapi Kurt dan Noel adalah inspirator ribuan anak muda untuk bermain gitar dan mengikuti gayanya.


Setelah era-era itu band yang berusaha bangkit dan memang berhasil Aerosmith dengan OST Armagedon I don’t wanna miss a thing, Bon Jovi dengan It’s my live, RHCP tentunya.
Selain itu aliran lain yang sangat luar biasa seperti, Korn, LimBizkit, Linkin Park, dan lainnya berhasil menancapkan taringnya di hati penggemar hingga sekarang..

Sekarang kita bisa lihat generasi rock udah berubah dan bagaimana besok akan terjadi, yang pasti kita tidak boleh terbuai dengan masa lalu, rocker sejati tetap melihat ke depan.
Keep in Rockin…

All images from : wikipedia free ensiklopedia

7 comments:

  1. hohoho, ternyata sejarah musik Rock tuh lumayan panjang juga yah....
    kalo Rock2 jaman baheula sih masi suka,,,
    tp kynya kalo yang sekarang, cuma buat telinga sakit aja....
    gak ngerti dengan apa yang di nyanyiin,,, hehehehe...

    ReplyDelete
  2. rock ya,,,
    hehhe,,,
    na gak begitu suka...
    heheeee

    ReplyDelete
  3. wah JOe Santini itu yang menuntut coldplay ya ...

    hmmmm, tapi gitar dia keren kok ...

    ReplyDelete
  4. Aku suka Rock...
    pokonya Rock abis deh
    soalnya aku kan cewe
    jadi suka pake rock
    eh.,ini Rock musik ya?? kalo itu Rok denk

    pokonya Superman Is Dead!!
    nyambung gak komen saya??

    ReplyDelete
  5. yang modern tuh ROCK DANGDUT, hehe (asal bgt..)

    ReplyDelete
  6. changcut rangers disini

    seepppp

    rock n rool

    wakakkakakka

    ReplyDelete