Saturday, August 11, 2018

Menjadi seorang Animator Profesional

Seiring perkembangan teknologi  saat ini dunia animasi ikut tumbuh. Berbagai bidang sangat berkaitan dengan dunia animasi antara lain dunia film, televise, periklanan, gaming, dan beberapa perusahaan star up. Hal ini membuat peluang untuk memiliki profesi sebagai animator semakin terbuka lebar. Peluang untuk profesi ini akan semakin terbuka lebar hingga waktu mendatang.

Hasil karya animator saat ini sangat menakjubkan, dengan fasilitas teknologi yang berkembang, visual  yang dihasilkan seperti gambar nyata. Kita bisa lihat di film-film Hollywood hasil dari rumah produksi seperti Disney, Pixar, dan juga hasil produksi rumah produksi lainnya. Di Indonesia pun hasil karya animasi juga sangat luar biasa. Hasil karya animator lokal misalnya Adit dan Sopo Jarwo, yang tayang di stasiun TV.

Untuk menjadikan bidang animasi sebagai profesi perlu ketekunan, kedisiplinan, mengerti sistematika, mengerti target dan anda menguasai konsep dasar. Jika kita hanya belajar otodidak, tanpa lisensi atau sertifikat, bisa saja kita berhasil tetapi peluangnya bisa 1 orang diantara 1000. Itupun jika anda berhasil menghasilkan karya apakah enduran kerja anda bisa seperti seorang profesional. Setuju atau tidak setuju  rumah produksi besar pasti akan melakukan recruitment berdasarkan lisensi dan sertifikat, baru kemudian melihat kualitas hasil karyanya. Kecuali anda benar-benar istimewa di bidang ini. Bagaimana kita bisa menjadi professional di bidang animasi ini berikut  beberapa langkah yang harus anda siapkan.

1. Terus belajar dan siapkan diri

Jika anda memiliki bakat, asahlah bakat itu, terus kembangkan dan jangan menutup diri dari hal yang baru. Inga di luaran sana teknologi semakin berkembang, jika ada udah jago pakai salah satu aplikasi, ingat aplikasi dalam kurun waktu tertentu akan ada upgrade, akan builder yang mengembangkan ini. Jadi kuncinya, teruslah belajar.

2. Disiplin, tepat waktu, dan mengerti target

Disiplin, tepat waktu dan mengerti target menjadi satu paket, jika anda benar memiliki ini anda bisa dikatakan anda seorang profesional. Kalau bidang anda animator, anda adalah animator profesional. Yang harus anda hati-hati,  anda seorang animator backgroundnya adalah seni, memiliki keahlian menggambar. Kebanyakan orang berfikir seni itu aktuali diri, kreasi itu boleh malas-malasan, kerja boleh sambil enak-enakan, yang penting hasilnya bagus. Jaman sekarang itu sudah tidak berlaku lagi. Kalau anda masih punya pikiran seperti itu, stop jangan jadi animator, cari kerjaan lain aja, karena rumah produksi gak terlalu memerlukan animator yang punya mindset seperti itu. Rumah produksi memerlukan orang profesional yang disiplin, tepat waktu dan mengerti target. Film kan harus segera tayang.

3. Mengambil lisensi sebagai Animator

Hal berikutnya sebagai tiket anda untuk menjadi profesional adalah anda memiliki lisense atau sertifikat. Kalau anda memiliki ijazah peluang anda untuk mendapat job sangat besar. Dan tentu saja anda diimbangi dengan kemampuan yang mumpuni, disini anda akan menjadi animator profesional. Sebagai rekomendasi anda bisa mengambil kuliah jurusan animasi. Anda akan mendapatkan konsep dasar, sistematika, menguasai teknologi dan berbagai pengetahuan terkini.
3 hal tersebut  akan membawa anda menjadi seorang profesional. Ini bisa anda mulai dari sekarang.Jika anda siap, anda bisa mengambil kuliah jurusan animasi. Anda bisa mendaftar di SAE Institute, sekolah jurusan animasi terbaik. Dan anda bisa DAFTAR SEKARANG.

No comments:

Post a Comment